Hebat Hemat Mudah bersama PGM-FI

Standar
resume

resume

Kamu kamu yang anak (kuliah di jurusan) mesin atau elektro tentunya sudah akrab dengan teknologi PGM-FI, tapi itu tidak berlaku kepada saya yang notabene nya anak kesehatan. Beruntunglah pada 26 Desember 2014 lalu kita dari komunitas Pena Blogger Banua diundang tim Trio Motor (main dealer motor Honda Kalselteng) dalam sebuah kesempatan yang memperkenalkan tentang inovasi canggih tersebut.

Jadi apa itu PGM-FI ?

Adalah singkatan dari “Programed Fuel Injection” yaitu sistem penginjeksian bahan bakar yang di kontrol secara elektronik. Sistem PGM-FI ini mensuplai bahan bakar ke mesin melalui rangkaian injector bahan bakar yang di kontrol oleh engine control module (ECM). Tipe sistem ini mengontrol suplai bahan bakar lebih teliti daripada yang menggunakan system karburator,yang dapat disimpulkan sebagai penggunaan bahan bakar secara tepat dan terprogram sesuai kebutuhan mesin,maka bahan bakar tidak terbuang secara percuma.

Pada pertemuan ini sedikit banyaknya informasi tentang kemuktahiran PGM-FI kami dapat, salah satunya tentang HHM (Hebat Hemat Mudah) nya teknologi tersebut. kok bisa? jelas bisa dong.. nih buktinya;

  • Kamu kamu sering nonton MotoGP kan ya? entah nontonnya sendirian atau bareng pacar. Dan di Honda PGM-FI terdapat teknologi MotoGP di dalamnya. Bahkan menjadi motor Injeksi pertama di Indonesia kita yang tercinta ini. waaaw… HEBAT !! kamu bisa menjadi pembalap dihati pacarmu. ciee…
  • Sering ngajak pacar muter-muter di jalan? gak usah khawatir dengan bahan bakarnya, PGM-FI lebih irit 30% dibanding yang lain. Juga garansi selama 5 tahun / 50.000 KM. Dan apabila terjadi kerusakan, Honda siap memberikan perawatan termurah. HEMAT sekali bukan… apa? masih kurang HEMAT? pertamax terlalu mahal? tak perlu takut, PGM-FI aman dipakai dengan premium sekalipun. Gimana? HEMAT boss…
  • Ketika sedang menikmati indahnya muter-muter jalan bersama pacar tiba-tiba motormu mogok? ngambek? atau bahkan cemburu kepada kalian berdua? Dan kamupun tidak tahu harus berbuat apa karena buta tentang mesin. Jangan takutt.. disini mereka sudah menyediakan sebanyak 3663 AHAS dan 10.408 bengkel umum yang siap Injeksi. ebusett.. banyak banget ya. 5 langkah jalan kaki udah nyampai deh di bengkelnya. Dan dalam sekejap mata motormu yang ngambekan itu akan kembali menjadi kuda putihmu yang siap digenjot kemanapun kamu mau wahai pangeran berparas tampan. MUDAH sekali bukan? tapi kamu masih riskan juga karena takut lama menunggu berhubung tidak terlihatnya 1 pun mekanik? Jangan panik.. mereka mempunyai 19.066 mekanik. kamu tinggal menunggu kuda putihmu dengan duduk manis sambil membaca keunggulan PGM-FI lainnya. MUDAH kan…

 

 

foto bareng

foto bareng

lagi nyimak

lagi nyimak

PGM-FI sendiri sudah lama diterapkan untuk sepeda motor besar pada tahun 1982 melalui Honda CX500Turbo. Dan baru ada di Indonesia pada tahun 2005 melalui sepeda motor Supra X, yang berarti sampai sekarang sudah mencapai 10 tahun dengan berbagai variannya.

Terkait tentang ramah lingkungannya teknologi PGM-FI membuat saya teringat akan masa kuliah dulu, berhubung saya mahasiswa yang berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat maka kami pernah diminta praktikum uji emisi oleh salah satu dosen pengampu mata kuliah AMDAL beberapa tahun silam. Benar saja,pada sebagian dari keseluruhan motor mahasiswa(i) yang mengikuti praktikum saat itu ada beberapa yang tidak lolos uji emisi. Bahkan ambang batas emisi gas buang saat itu masih rendah yaitu EURO 2, berbeda dengan teknologi PGM-FI yang sekarang mengendalikan kadar gas buang yang mampu menekan emisi hingga 90%, sesuai dengan standar regulasi EURO 3 sehingga menjaga udara tetap bersih.
Maka jika kamu mencintai PGM-FI itu berarti sama dengan kamu mencintai Indonesia juga lingkungan. Kece kan.. sekali kayuh 2 pulau terlampau 😀

Lalu ini yang paling penting, simple kelihatannya namun begitu berarti untuk diketahui. Pada sepeda motor PGM-FI terdapat MIL (Malfuction Indicator Lamp) yang berguna untuk untuk mengidentifikasi setiap gangguan maupun kerusakan mesin melalui jumlah kedipan lampu (kode) sehingga membantu perawatan sepeda motor anda menjadi lebih mudah. Pada sistem ini dapat mengidentifikasi 10 gangguan/kerusakan yang dialami motor dengan jumlah kedipan yang berbeda pula.

letak MIL (sumber foto: motor.otomotifnet.com)

Letak MIL (sumber foto: motor.otomotifnet.com)

Sebelum mengakhiri tulisan ini, saya akan berbagi sedikit cerita. Beberapa waktu yang lalu saya dan teman-teman dari Banjarmasin berangkat ke Mataraman, saat itu mulai memasuki musim hujan dan jelas jalanan akan basah apalagi jalanan tanah yang belum di aspal, belum lagi jalan bebatuan yang begitu panjang, berliku dan rusak. Saya yang waktu itu membawa motor teman saya, Honda Vario 125 memang merasakan sendiri bagaimana performa nya. Pada jalanan berbatu dan rusak tidak merasakan adanya goncangan maupun getaran yang membuat pantat dan pinggang pegel. Motor yang dilengkapi injeksi PGM-FI tersebut membuat konsumsi bahan bakarnya jadi sangat hemat sekaligus rendah emisi, sangat cocok digunakan di pedesaan yang lingkungannya masih bersih dan terawat.

Beruntungnya lagi, walau cuaca kadang hujan dan kadang panas namun dengan teknologi injeksi PGM-FI secara otomatis settingan pengabutan bahan bakar berubah sesuai dengan kondisi lingkungan. Tidak ada pembakaran terlalu basah atau kering akibat perubahan cuaca. Hasilnya, pembakaran selalu sempurna, tenaga dan efisiensi bahan bakarnya pun selalu dalam kondisi optimal.

dapat salam dari Mataraman

dapat salam dari Mataraman

Sepertinya sampai sini dulu, mohon maaf jika ada kesalahan kata. karna saya bukan anak mesin maupun anak elektro yang ahli dalam bidang ini. hehehe..

Semoga Bermanfaat 😉

Iklan

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s