Mau bikin apa pada tulisan pertama?

Standar

???

Apa yang akan kita lakukan pada hari pertama? semua tanda tanya dari seluruh penjuru dunia berkumpul menjadi satu ketika kita melakukan tugas pertama di hari pertama baik itu masuk sekolah, kuliah, magang, training, tempat kerja, jadi pengacara, jadi presiden bahkan launching akun (termasuk blog) di internet  sekalipun.

Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan untuk tulisan pertama pada sebuah blog? berikut akan saya paparkan tips-tips untuk membuat postingan pertama di blog yang menurut saya benar, benar dan paling benar. Merdeka !!

  1. Konsep, beda dengan hari pertama kita masuk sekolah,kuliah,kerja kantor. Tulisan pertama yang akan kamu buat layaknya kamu akan berwirausaha. Tentukan untuk apa blog yang kamu buat, konsepkan sematang mungkin. Apakah blog info, blog wisata, blog foto, blog fashion, blog humor, blog tutor, blog galau atau blog lainnya. Ini agar kamu dapat memperfokus tujuan blog kamu dan kedepannya tulisan blog kamu lebih mudah dibuat karena sudah ada jalur/jalan dari pemanfaatan kematangan konsep yang kita buat sebelumnya untuk blog tersebut.
  2. Ngaktif (ngasal kreatif), ini penting buat kamu kamu yang baru menulis di Internet. Buatlah tulisan yang kamu rasa itu bagus namun dalam kondisi (mood) tertentu. Kebanyakan orang memposting tulisannya pada akun di media internet apapun dengan memasukkan kalimat “pemula,masih nuebiw,baru belajar,dll..” sehingga tulisan pertama yang menggiring ke tulisan tulisan berikutnya itu terkesan monoton dan tidak terlalu menarik untuk dibaca. Tulis apapun yang menurut kalian menarik, asal-asalan, seru-seruan, tanpa memperhatikan tata cara penulisan, pokoknya semua yang sudah kamu pikirkan tersampaikan pada tulisan tersebut namun jangan di publish terlebih dahulu. ada baiknya kita simpan di draft.
  3. Keyakinan,seperti hal nya hidup dengan suatu keyakinan. Yakinlah pada tulisanmu sendiri, tema apa yang kamu buat. Yakinlah kalau tulisanmu tidak pernah ada yang menuliskan sebelumnya (walau sebenarnya sudah banyak dengan tema yang sama) dan jangan pernah sesekali searching ke google dengan keyword sebuah tema yang akan kamu buat, karena jika banyak tulisan terpampang di depan mukamu, itu dapat menciutkan nyalimu untuk membuat sebuah tulisan. Namun dalam hal ini ada sebagian orang yang searching terlebih dulu untuk menjadikan artikel yang sudah ada sebagai bahan referensi ataupun literatur untuk tulisannya.
  4. Mood, kamu bukan seorang profesional dalam hal tulis menulis maka menulislah dalam kondisi mood bagus dan paling prima. jika mood mu sedang buruk jangan dipaksakan untuk membuat tulisan, karena dalam hitungan detik blog mu akan menjadi BLOG GALAU.

    beginilah kira-kira kalau kamu awal kali ngeblog

    beginilah kira-kira hari pertama kamu dalam hidup membuat sebuah tulisan

  5. Gambar/Pic, sebetulnya ini hanyalah sebuah formalitas agar blog kamu tidak terkesan kaku dan padat yang dapat membuat seseorang malas membaca. Maka sisipkanlah setidaknya 1 atau 2 gambar pada setiap postingan tulisan kamu. ane saranin gambar yang di posting itu gambar cabul biar banyak yang penasaran terus bakal rame deh yang liat blog kamu.
  6. Out Of Book/Box, untuk tampil beda dan lebih seru bisa saja kamu padu padankan tulisanmu dengan hal hal yang mungkin tidak ada sebelumnya. contoh kecil dalam hal ini yaitu tulisan, jika tulisan harus berdasar pada EYD maka sesekali keluarlah dari aturan tersebut namun masih dalam tahap kewajaran (jangan kayak si Vicky).
  7. Revisi, setelah point point yang telah disebutkan dilewati dengan sukses dan tulisanmu berada di bagian draft yang telah tersimpan, bukalah – bacalah – perbaikilah. Setidaknya kamu mengenal kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar atau lebih dikenal dengan sebutan EYD, agar tulisanmu tidak gado-gado yang membuat pembaca ikut tergado-gadokan otak, hati, nurani serta sanubarinya. Bacalah tulisanmu berulang kali, perhatikan tanda baca dan minimalkan penggunaan kata yang sama pada sebuah kalimat. (contoh kata yang sama : Adi makan Adi di rumah pak Adi) *eh
  8. Preview, hanya untuk melihat sekeren apa tulisanmu sebelum di publish. kalau masih belum terlalu keren ya kembali lagi di revisi.
  9. Setelah kamu yakin 100% kuadrat bahwa tulisanmu memang bermanfaat untuk semua makhluk di bumi dengan segala kelebihan, kecerdasan dan ejaan benar yang ada, maka Publish lah.

Selamat mencoba, salam aksi damai selalu dari JejaKampungan 😉

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s